Mengenal Drift

Apakah Drift itu?

  

Secara sederhana, menyetir kendaraan dengan gaya menyamping.
Jadi mobil tidak berjalan lurus dimana jejak roda belakang mengikut jejak roda depan sebagaimana biasanya.
Drift sangat mudah dinikmati saat mobil menikung dengan posisi depan lebih menghadap ke tikungan itu sendiri. Cara ini bukanlah cara yang tercepat untuk menikung, namun cara yang paling menegangkan, menurut drift king Keiichi Tsuchiya.

Drift dikembangkan di Jepang, berawal dari balap jalanan atau street race di jalan-jalan pegunungan yang berliku (touge). Saat ini kompetisi drift resmi lebih menekankan pada sisi teknikal dan seni presentasi dibanding siapa yang terdahulu melewati garis finish. Jadi antara drift dan race telah tercipta garis pembatas yang membedakan keduanya.

RC Drift
Lalu bagaimana dengan RC drift?
Walaupun dalam banyak hal RC drift mencontoh banyak hal dari drift sebenarnya, terdapat sedikit perbedaan dalam eksekusi drift itu sendiri. RC drift tidak dapat dilakukan dengan konfigurasi FR seperti pada mobil drift sebenar. RC drift hanya dapat dilakukan dengan mobil RC dengan konfigurasi 4WD dan drift yang dilakukan adalah mirip dengan power slide. Walaupun demikian dalam perkembangannya, -dengan melakukan overdrive- countersteer drift yang cukup realistis dapat dilakukan.

Saat ini hobi RC drift tidaklah begitu ramai diminati dibandingkan dengan balap (touring ataupun offroad) di Indonesia. Hanya kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya yang memiliki komunitas pehobi, itupun dalam jumlah yang tidak begitu besar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s